Laporan Praktikum Fisika
Laporan Praktikum Fisika
“Teorema Torricelli”
Disusun
Oleh :
Ria Nurdiana Sugita ( 30 )
XI-IPA 2
XI-IPA 2
SMAN 1 GLENMORE
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Tujuan..................................................................................................................................
B. Rumusan Masalah................................................................................................................
C. Manfaat...............................................................................................................................
B. Rumusan Masalah................................................................................................................
C. Manfaat...............................................................................................................................
Bab II
Pembahasan
A. Landasan Teori....................................................................................................................
B. Alat dan Bahan....................................................................................................................
C. Langkah Kerja.....................................................................................................................
D. Hasil Pengamatan................................................................................................................
B. Alat dan Bahan....................................................................................................................
C. Langkah Kerja.....................................................................................................................
D. Hasil Pengamatan................................................................................................................
Bab III Penutup
A. Kesimpulan..........................................................................................................................
BAB I
A. Tujuan
Menghitung debit fluida dari percobaan Torricelli
B. Rumusan
Masalah
Bagaimana cara menghitung kecepatan waktu antara
botol 1,2,3 dengan ketinggian lubang kebocoran yang berbeda ?
C. Manfaat
Siswa dapat lebih paham mengenai teori torricelli
BAB II
A. Landasan
Teori
Terorema Torricelli menyatakan bahwa jika
suatu wadah yang bagian atasnya terbuka, diisi cairan dan terdapat lubang kecil
pada kedalamn h dibawah permukaan fluida dalam wadah. Kelajuan semburan fluida
melalui lubang sama dengan kelajuan yang diproleh oleh suatu benda yang jatuh
bebas dari ketinggian h.
B. Alat dan
Bahan
1. Tiga botol plastik denga ukuran yang sama
2. Air
3. Paku/solder
4. Stopwach
5.
Isolasi
C. Langkah Kerja
1.
Buatlah satu
lubang pada botol plastik dengan ukuran diameter 5mm menggunakan solder atau
paku
2.
Lakukan hal yang
sama pada botol yang lainnya dengan ketinggian yang berbeda
3.
Catatlah
ketinggian lubang pada masing-masing botol
4.
Tutuplah lubang
pada msing-masing botol dengan isolasi
5.
Isilah botol
dengan air degan volume yang sama
6.
Siapkan stopwatch
7.
Lakukan
percobaan pada satu botol
8.
Buka isolasi ang
digunakan untuk meutup lubang dan mulailah mencatat waktu dari isolasi dibuka
hingga air tidak lagi memancar
9.
Ulangi langka ke
7 dan 8 pada botol yang lain
10. Buatlah analisa dengan menggunakan konsep fluida
dinamis dari percobaan yang telah dilakukan.
D. Hasil pengamatan
Diketahui :
H 1,2,3 = 10 cm t1 = 13 s
h1 =
2 cm t2 = 7 s
h2 = 6 cm t3 = 5 s
h3 = 8 cm
NO
|
Botol
|
h'
|
t
|
1
|
Satu
|
H
- h1 = 10 - 2 = 8cm
|
13
s
|
2
|
Dua
|
H
- h2 = 10 - 6 = 4cm
|
7
s
|
3
|
Tiga
|
H
- h3 = 10 - 8 = 2cm
|
5
s
|
BAB III
Kesimpulan :
Jika semakin tinggi lubang pada botol ( h ), maka
semakin pendek pancaran airnya dan waktu yang dibutuhkan untuk berhenti juga
sedikit dan sebaliknya, jika semakin rendah lubang pada botol ( h ), air yang
memancar akan semakin panjang dan waktu yang dibutuhkan untuk behenti semakin
lama.
Komentar
______________________________________________________________________
Interior Design Animation | Structural engineering design | Architectural interior design | Solidworks mechanical engineering design | 3D visualization rendering design | Web design development cyber security |
q = A.v atau q = A akar 2gh